Di saat kau merasa sendiri, terpuruk dan seolah-olah seperti berada di titik terendah dalam kehidupan ini, akan selalu ada 1 orang yang menyayangi, mencintai, mendukungmu dan menginginkanmu untuk bangkit kembali.

 

Pernahkah anda berada di satu titik dalam kehidupan ini, dimana anda merasa sudah sangat-sangat putus harapan, hilang semua semangat dan keinginan, seolah-olah ingin mengakhiri hidup ini karena tidak ada lagi tujuan untuk dituju?

Semua orang pasti pernah mengalami momen seperti ini, entah karena habis mengalami kejadian yang sangat traumatis, kehilangan yang amat sangat, atau kejadian hebat dalam hidup ini yang meninggalkan kesedihan mendalam, atau banyak algi penyebab-penyebab lainnya. “Serasa ingin mati saja”…begitu pernyataan beberapa orang yang mengalaminya, atau “sudah tidak kuat lagi rasanya menjalani hidup ini sendirian…”

 

Tidak enak rasanya berada di dalam situasi seperti itu, perasaan di dada sungguh sesak rasanya, mau makan tidak enak, mau tidur tidak enak, mau melakukan apapun rasanya tidak ada semangat dan gairah. Bahkan untuk menjalani satu hari lagi dalam hidup ini saja sudah malas rasanya. Menyemangati diri sendiri pun rasanya sudah tidak ada daya, bahkan untuk berpikir positif saja sudah tidak sanggup lagi.

 

Pertanyaannya…kenapa ya manusia harus mengalami momen-momen seperti itu? Kenapa hidup ini tidak bisa mengalir dan bahagia-bahagia saja? Kenapa kesakitan seperti itu harus ada dalam kehidupan ini?

 

Lalu siapa yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini? Di dalam teori, buku-buku motivasi yang kita pelajari sering ada jawaban begini: “semua itu terjadi untuk membawa hikmah tertentu dalam kehidupan kita, untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih kuat dan tangguh lagi, untuk membuat kita lebih tahan uji, untuk membuat kita naik level ke tingkat yang lebih tinggi, untuk membuat anda menjadi manusia yang lebih tawaqal dan sholeh, dll…”

 

Apapun jawaban yang muncul, semuanya kembali ke diri anda sendiri, jawaban yang muncul selalu bersifat sangat pribadi dan subyektif (berbeda-beda untuk tiap individu). Anda bisa mengutip salah satu jawaban di atas untuk permasalahan anda, namun bisa juga jawaban anda sangat jauh dari itu semua. Hikmah yang muncul dari jawaban tersebut tidak pernah ada yang benar atau salah, semuanya kembali kepada pribadi anda masing-masing. Dan tidak ada satu orang pun yang bisa membantu anda untuk menemukan jawabannya, anda harus menemukannya sendiri jauh di dalam lubuk hati anda yang paling dalam.

 

Yang ingin saya bahas di sini adalah, apapun yang anda alami dalam kehidupan ini, seberapa beratnya itu semua, meskipun anda merasa sudah betul-betul tidak ada lagi semangat untuk menjalani hidup ini, akan selalu ada satu orang yang masih mengharapkan diri anda bangkit kembali, bersemangat kembali, dan terbebas dari semua permasalahan ini. Siapakah dia?

 

DIRI ANDA SENDIRI!

 

Yap…diri anda sendiri lah yang selalu mengharap anda untuk kembali seperti dulu, tersembuhkan, pulih kembali meskipun bekas-bekas luka itu tidak mungkin menghilang secara permanen. Diri anda sendirilah yang selalu menunggu-nunggu anda untuk bisa kembali menjadi pribadi yang utuh, kembali menajdi individu yang merdeka, terbebas dari semua kesakitan-kesakitan dan keterpurukan itu.

 

Anda tidak percaya?

 

Ada banyak bagian-bagian dari diri kita, misalnya ada bagian ‘diri kecil’, ‘diri bijaksana’, ‘diri yang kuat’, ‘diri yang bersemangat’, dsb…bagian-bagian diri anda ini akan ikut terluka ketika anda terluka, akan ikut terpuruk ketika anda terpuruk. Mereka tidak punya daya untuk mengajak anda bangkit kembali, mereka tidak bisa memulai berkomunikasi dengan anda jika anda tidak memberinya kesempatan. Mereka ikut terdiam ketika anda menganggap mereka tidak ada, dan sibuk dengan permasalahan serta keterpurukan anda.

 

Tapi apakah anda tau, bahwa setiap saat bagian-bagian diri ini menanti anda untuk sembuh, menanti anda untuk meraih kembali cita-cita lama anda, meraih kembali semangat yang pernah hilang karena banyaknya peristiwa-peristiwa menyakitkan dalam hidup ini. Mereka selalu menyayangi dan memperhatikan anda, dan menunggu momen dimana anda benar-benar ‘tersembuhkan’ dan ‘pulih kembali’.

 

Mereka ikut ‘sakit’ ketika anda ‘sakit’, dan mereka ikut ‘bahagia’ ketika anda ‘bahagia’. Jadi, apapun hikmah dari jawaban yang anda temukan atas permasalahan dalam hidup anda, paling tidak selalu ingatlah bagian-bagian dari diri anda yang selalu mengharap anda untuk kembali lagi seperti dulu. Mereka yang selalu menyayangi dan mencintai anda dengan tulus. Diri anda sendirilah yang paling mengetahui tentang seluk beluk diri anda.

Ajaklah mereka berkomunikasi, ajaklah mereka berinteraksi. Hal ini bisa dilakukan dengan :

  1. self talk (berbicara dengan inner self anda, atau secara awam ‘mendengarkan’ kata dan suara hati anda)
  2. bercermin dan melihat lekat-lekat wajah dan mata anda di kaca
  3. berkonsultasi dengan ahli (misalnya psikolog, psikiater, ahli spiritual, dsb)
  4. menggunakan media kartu tarot
  5. bertanya dan berkonsultasi ke orang-orang terdekat anda, seperti teman, keluarga sahabat, pasangan
  6. bermeditasi, agar terhubung dengan higher self anda
  7. menenangkan diri (melepaskan diri dari rutinitas selama beberapa hari)
  8. me time (melakukan kegiatan yang anda suka tanpa gangguan dari siapapun)
  9. melakukan hobi-hobi lama/ mengulang kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah jarang dilakukan
  10. berolahraga, dsb.

 

Tanyakan kepada diri anda, “apa yang betul-betul anda inginkan dalam hidup ini?”, “mengapa anda harus bangkit dari semua permasalahan ini?”, “apa yang diri anda inginkan terjadi dalam hidup anda?”, “perubahan seperti apa yang diinginkan diri anda dan pikiran bawah sadar anda terhadap permasalahan ini?”, dan lain sebagainya…

 

Percayalah bahwa di saat-saat seperti itu, ketika anda merasa tidak ada satu orang pun yang mempercayai anda, ketika anda merasa tidak ada satu orang pun yang mendukung memahami dan mengerti anda, hanya diri anda sendirilah yang bisa melakukan itu semua. Hanya dia lah yang akan selalu mempercayai dan memberikan support terbaiknya untuk anda.

 

Jadi, mulai hari ini, selalu ingatlah kapanpun juga anda merasa terpuruk, paling tidak selalu masih ada 1 pribadi yang mengharapkan diri anda untuk bangkit dan bersinar kembali. Itu adalah pribadi anda yang terdalam, seluruh bagian-bagian dalam diri anda! Tanpa lelah mereka mensupport anda, dan memberikan dukungan terbaiknya, namun seringkali kita acuhkan. Mulai saat ini, dengarkanlah suara mereka, rasakan perasaan mereka, pahami keinginan dan harapan mereka akan diri anda! Dan jadilah pribadi yang lebih bersinar dari sebelumnya!

 

Inspirasi terdalam dari saya untuk anda semua…

 

Semarang, 18 Desember 2017 pk 02.00 WIB

By: Maharani Kusumaningrum

(psikolog klinis, hipnoterapis dan grafolog trainer)

 

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, atau ingin berkonsultasi mengenai permasalahan anda dan ingin diterapi, silakan kontak saya. Dengan senang hati membantu anda, karena kelegaan dan kepuasan anda adalah kebahagiaan bagi saya. GRATIS tidak dipungut biaya untuk konsultasi awal by chat/phone. Saya tunggu kontak dari anda.

 

Whatsapp: 081805858188

facebook: maharani kusumaningrum

email: maharani.kusumaningrum@gmail.com

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here